Penyajian Data dengan tabel dan grafik (statistika)

PENYAJIAN DATA DENGAN TABEL DAN GRAFIK
 
Penyajian data merupakan cara yang digunakan untuk meringkas menata,mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut.

Secara umum ada dua cara untuk menyajikan Kedua cara ini saling berkaitan ,karena pada dasarnya sebelum dibuat grafikter lebih dahulu harus dibuattabelnya. Dari dua cara ini penyajian data dengan grafik merupakan penyajian data yang lebih komunikatif karena dalam waktu yang singkat seseorang akan dapat dengan mudah memperoleh gambaran dan kesimpulan suatu keadaan.

B. Penyajian Data Dengan Tabel

Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori- kategori atau karakteristik- karakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam table bias berupa data crosssection atau data timeseries.
Contoh: 

§      Data Crosssection = Misalnya data penjualan perusahaan pada bulan Januari 2014,  terdiri dari Data penjualan bersih dan data penjualan kotor pada bulan Januari 2014.

§       Data time series = Misalnya data penjualan perusahaan pada tahun 2014-2018.


Secara umum penyusunan table memerlukan identitas judul table ,judulbaris, judulkolom, badan table catatan dan sumber data. Penyajian data dengan table bias berbentuk table satu arah, dua arah dan tigaarah.
  
      Tabel Satu Arah
Tabel satu arah adalah table yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori. Misalnya:

     Jumlah penjualan menurut jenis barang.
Jumlah Penjualan Lima Jenis Barang Makeup




Jenis barang
Jumlah


Bedak
185


Liptint
155


Lipstik
123


Eyelener
145


Mascara
55


Jumlah
663


 





                                                                                                                                   
§  Tabel Dua Arah
Yaitu table yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori misalnya:
    1.Jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan.

Jumlah Penjualan Lima Jenis Barang Makeup




Jenis barang
malang
bekasi

Bedak
188
185

Liptint
113
155

Lipstik
302
123

Eyelener
333
145

Mascara
145
55

Jumlah
1081
663


§  Tabel Tiga Arah
Yaitu Tabel tiga arah menunjukan tiga karakteristik atau kategori data misalnya :
1.      Jumlah karyawan perusahaan YZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan tertinggi yang ditamatkan Tahun 2017



C. Penyajian Data Dengan Grafik
       Selain menyajikan data dengan menggunakan table, kita dapat juga menyajikan data dengan menggunakan gambar-gambar atau grafik. Banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum dijumpai seperti: Grafikgaris(LineChart), Grafikbalok/batang(BarChart), GrafikLingkaran(PieChart), danPictogram.
§  Grafik garis
      Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multipleline chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk timeseries yang sekaligus bias dilihat trend-nya. Fungsinya untuk melihat perkembangan.
 Contoh =  peringkat penyakit tahun 2000

                                 
      

 GrafikBatang/Balok

Grafikbatang/balok(BarChart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Barchart yang terdiri dari satu batang saja dan multiplebar chart yang terdiri dari beberapa batang. Garfik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatukegiatan. Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk crosssection dan timeseries.



 Contoh : Jumlah penjualan lima jenis barang makeup

 
 
§  GrafikLingkaran
Grafik Lingkaran(PieChart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Piechart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiplepie chart yang terdiri dari beberapa lingkaran. Garfik lingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan(biasanyadalampersentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk crosssection.
Contoh : grafik pengguna motor 2011



Komentar

Postingan Populer