jenis-jenis sistem operasi

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI jenis-jenis sistem operasi

sistem operasi telah berkembang melalui jalan yang panjang.dari yang paling sederhana sampai yang paling modern. masing-masing melebihi kelebihadan kekurangan terutama sehubungan dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya. pada bagian berikut i ni akan dibahas beberapa sistem operasi yang banyak digunakan dan familiyarmbagi pengguna komputer.

  1. DOS
  2. sistem operasi dos adalah dos(disk operating system) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongansystem operasi beberapa produk DOS sampai saat ini adalah:

    -DOS 1.0

    -DOS 2.0

    -DOS 3.0

    -DOS 3.1

    -DOS 3.2

    -DOS 3.3

    -DOS 4.0

    -DOS 5.0

    -DOS 6.0

  3. WINDOWS
  4. sistem operasi windows pertamakali diperkenalkan tahum 1985. semulanya sistem operasi ini diperkenalkan dengan nama interface manager. pemakaian sistem operasi ini awalnya tidak terlalu menarik ini terjadi hinggal diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.
  5. MACHINTOS
  6. sistem operasi untuk komputer keluaran appleyang bisa disebut mac. mac merupakan sistem opersi pertama yang menggunakan antarmuka(GUI) sistem operasi sebelumnya adalah mac os X versi 10.4(tiger). kemuadian oktber 2017 diluncurkan versi 10.5(leoprad).
  7. OS/2
  8. selama pertengahan hingga akhir 1980an, microsoft dan IBM bekerja sama dengan mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS/2. DOS/2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan mikroposesor intel80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 megabyte.
  9. UNIX
  10. sistem operasi yang dapat diterapkan pada berbagai mesin. sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T BELL Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
  11. LINUX
  12. linux pada awalnya diuat oleh seorangmahasiswa finlandia yang bernama linus torvalds. dulunya linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix, yaitu sistem unix yang kecil dikembangkan oleh andrew tanen-baum.

Komentar

Postingan Populer